Profil Kantor Pertanahan Kota Denpasar


SEJARAH SINGKAT KANTOR PERTANAHAN KOTA DENPASAR

Kantor Pertanahan Kota Denpasar adalah satu satunya Kantor Pertanahan Kota diantara 9 Kantor Pertanahan di Provinsi Bali. Kantor Pertanahan Kota Denpasar dibentuk seiring dengan terbentuknya Kota Denpasar pada tahun 1994 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Badung.

Diawal pembentukannya, Kantor Pertanahan Kota Denpasar menempati bangunan yang masih sangat sederhana dan berbagi lokasi kantor dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Badung pada Hak Pakai No.52 Dangin Puri Kangin di Jalan Pudak No. 7 Denpasar.

Seiring dengan kompleksitas pengembangan perkotaan, pada tahun 2004 Kota Denpasar melakukan pemekaran wilayah yang sebelumnya terdiri dari 3 kecamatan menjadi 4 kecamatan seperti yang kita kenal sekarang ini. Pemekaran kecamatan tersebut didasari pada Peraturan Daerah Kota Denpasar No. 12 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Kecamatan Denpasar Utara. Tentunya hal ini berakibat pula pada tata usaha pendaftaran tanah yaitu pencatatan ganti desa pada sertipikat-sertipikat yang telah terbit sebelumnya di wilayah yang ditetapkan menjadi kecamatan Denpasar Utara.

Waktu berjalan terus dan Kantor Pertanahan Kota Denpasar selalu berbenah. Saat ini Kantor Pertanahan Kota Denpasar sudah memiliki gedung kantor dua lantai. Area pelayanan publik (loket) dan back office dibuat nyaman untuk meningkatkan kualitas hospitality bagi masyarakat yang mendaftarkan tanahnya. Bahkan pada tahun 2021 Kantah Kota Denpasar dipercaya untuk mengikuti penilaian WBK/WBBM

Banyak hal yang sudah dikerjakan, namun masih lebih banyak lagi tugas yang wajib diselesaikan oleh Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Beberapa penghargaan yang pernah di raih Kantah Kota Denpasar dapat di lihat pada tautan berikut ini. Saat ini kami sedang memulai layanan elektronik (HT, pengecekan, SKPT dan ZNT), mempersiapkan validasi data elektronik buku tanah dan peta pendaftaran untuk berkontribusi meningkatkan ranking kemudahan berusaha di Indonesia (Ease of Doing Bussiness - EoDB). Kedepannya kami akan senantiasa bekerja lebih keras lagi untuk mencapai misi birokrasi berstandar dunia di tahun 2024 nanti. Mari bersama mendukung kami untuk mencapai tujuan mulia tersebut.