Verifikasi Lapangan Pembangunan Zona Integritas Kantah Kota Denpasar

Dengan diiringi Yel-yel Pembangunan Zona Integritas, Kantor Pertanahan Kota Denpasar, pada hari Kamis (18/11/21) menerima kedatangan Tim Penilai Nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Tim Penilai Internal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dalam rangka kegiatan Verifikasi Lapangan (Verlap) Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Kedatangan Tim Verlap disambut langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar, Bapak I Ketut Gede Ary Sucaya yang didampingi para Ketua Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas Kantah Kota Denpasar dan Agen Perubahan, Ibu Ika Herlina Winarsih dan Bapak Dedyk Ade Iskandar.

Mengawali kegiatan verifikasi lapangan, Tim Penilai Nasional dan Tim Penilai Internal meninjau langsung sarana dan prasarana yang menunjang perbaikan layanan di loket pelayanan pertanahan Kantah Kota Denpasar, antara lain ruang tunggu yang memadai yang di dalamnya menampilkan informasi layanan secara lengkap dan informatif, ketersediaan ruangan serta petugas Manajer Loket, sistem antrian online yang dapat mengurai kerumunan Pengguna Layanan khususnya di masa Pandemi Covid-19, fasilitas pembayaran nontunai, fasilitas ramah anak, ibu menyusui, fasilitas bagi Pengguna Layanan berusia lanjut dan disabilitas, serta fasilitas penunjang protokol kesehatan. Tim Verifikasi Lapangan juga berkesempatan melihat proses kuratif terhadap warkah yang mengalami kerusakan, proses ini sebagai wujud komitmen Kantor Pertanahan Kota Denpasar dalam memelihara data kepemilikan masyarakat sesuai nilai yang terkandung dalam semboyan "Your Property, Our Responsibility".

Melanjutkan kegiatannya, Tim Verifikasi Lapangan kemudian mendengarkan paparan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Kantor Pertanahan Kota Denpasar yang dibawakan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar selaku Role Model pembangunan Zona Integritas beserta para Ketua Kelompok Kerja (Pokja) dan Agen Perubahan Zona Integritas. Paparan mencakup kegiatan pembangunan Zona Integritas mulai dari pencanangan, pembentukan Pokja dan dokumen rencana kerja, internalisasi dan sosialisasi, pembagian tugas pembangunan Zona Integritas, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Agen Perubahan, perbaikan layanan melalui peningkatan sarana dan prasarana, serta perbaikan layanan melalui inovasi layanan baik inovasi yang bersifat konvensional seperti inovasi layanan Roya Express, "Kami yang Datang", maupun janji atau komitmen kepastian penyelesaian layanan. Inovasi layanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu dengan adanya aplikasi Abian Kapas (Aplikasi Bantuan Informasi Pelayanan Kantah Denpasar) yang sudah berjalan dan sudah dirasakan manfaatnya oleh Pengguna Layanan juga dipaparkan, menyusul pemaparan tentang fasilitas penunjang protokol kesehatan yang memastikan jalannya pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Denpasar berlangsung dengan sehat, aman, dan nyaman.

Kerjasama antar lembaga baik Instansi Pemerintah, Lembaga Penegak Hukum, BUMN, BUMD, Swasta, maupun Start Up lokal yang bertujuan untuk perbaikan layanan juga dikemukakan dalam paparan kali ini. Dilanjutkan dengan penyampaian perbaikan layanan melalui digitalisasi yang mencakup pelestarian arsip, penyelesaian yang signifikan terhadap tunggakan rutin dan progress pemetaan bidang tanah di wilayah Kota Denpasar, layanan elektronik (Hak Tanggungan, Roya, Pengecekan, SKPT, dan ZNT), serta perbaikan data siap elektronik yang dipersiapkan dalam rangka Kantor Pertanahan Kota Denpasar sebagai salah satu dari 12 Kantor Pertanahan yang ditunjuk menjadi Pilot Project Sertipikat Elektronik.

Dikemukakan juga penanganan terhadap adanya aduan masyarakat yang kesemuanya sudah terselesaikan dengan baik, angka survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Persepsi Korupsi yang sangat baik, serta hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang juga memperoleh nilai baik. Adanya ulasan dan tanggapan positif masyarakat mengenai layanan pertanahan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Denpasar juga disampaikan, menyusul penyampaian reward atau penghargaan yang telah diperoleh oleh Kantor Pertanahan Kota Denpasar, serta inovasi digital Kantor Pertanahan Kota Denpasar yang dinilai berhasil diterapkan, seperti aplikasi Abian Kapas, antrian online, dan/atau eForm, yang telah direplikasi oleh beberapa Kantor Pertanahan.

Segenap Jajaran Kantor Pertanahan Kota Denpasar berkomitmen untuk bahu membahu membangun Zona Integritas pada Kantor Pertanahan Kota Denpasar dalam mewujudkan birokrasi bersih dan melayani untuk meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia, serta berkomitmen untuk "Suka Sekali Memudahkan" dalam melayani masyarakat pengguna layanan pertanahan, sehingga Kantor Pertanahan Kota Denpasar dapat semakin dekat dan semakin dicintai oleh masyarakat.