Sosialisasi SPIP dan Manajemen Risiko Kantah Kota Denpasar

Dengan mengundang Narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bali, bertempat di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kota Denpasar, pada hari Jumat (22/10/21), telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko yang diikuti oleh Pejabat Pengawas, Koordinator dan seluruh anggota Kelompok Kerja (Pokja) Penguatan Pengawasan Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Tujuan kegiatan ini dalam rangka peningkatkan kapasitas SDM untuk penerapan SPIP dan Manajemen Risiko di lingkungan Kantor Pertanahan Kota Denpasar.

Bapak Nyoman Sujana, Auditor Madya dari BPKP Perwakilan Provinsi Bali, datang dengan didampingi oleh Ibu Ni Made Lencari dan Ibu Yosephin Ambarwati, Auditor Muda yang bertugas sebagai Narasumber. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi manajemen risiko, yang dibuka dengan pemaparan mengenai dasar hukum pelaksanaan penilaian risiko di lingkungan Instansi Pemerintah dan definisi risiko menurut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. Selanjutnya mengenai unsur-unsur risiko dan contoh ilustrasi risiko juga coba dijelaskan oleh Narasumber sebelum masuk ke materi pokok yaitu manajemen risiko dan proses penerapan manajemen risiko.

Kegiatan berlanjut dengan materi sosialisasi SPIP, dimulai dengan pemaparan terkait pengertian SPIP yang dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, berikut tujuan dan unsur-unsur SPIP. Selanjutnya dipaparkan tahapan penyelenggaraan SPIP, mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Dijelasakan juga mengenai pedoman penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP (New SPIP).

Kegiatan sosialiasi yang diakhiri dengan sesi konsultasi dan tanya jawab ini diharapkan akan dapat terlaksana kembali dengan kegiatan yang lebih memfokuskan pada pengendalian dan manajemen risiko di masing-masing Seksi dan Kelompok Substansi yang ada di lingkungan Kantor Pertanahan Kota Denpasar.