Persiapan Alih Media Sertipikat Elektronik Kantah Kota Denpasar

Guna mendukung visi Kementerian ATR/BPN yaitu menjadi institusi pengelola tata ruang dan pertanahan yang berkelas dunia melalui upaya transformasi digital dalam kegiatan pelayanan publik di bidang tata ruang dan pertanahan. Kantor Pertanahan Kota Denpasar pada Selasa (12/10/21), melakukan persiapan serta pelatihan alih media sertipikat elektronik dengan dipandu oleh Tim Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PUSDATIN) Kementerian ATR/BPN yang hadir dengan dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Bidang Pengembangan dan Inovasi Sistem Informasi, Idin Yunindra Ibnu Parasu., S.T., M.T.

Konversi layanan konvensional ke layanan elektronik dalam bentuk layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), serta Pengecekan Sertipikat Tanah secara elektronik yang sudah berjalan dengan baik di Kantah Kota Denpasar coba ditingkatkan dengan persiapan menghadapi uji coba alih media elektronik melalui penerbitan sertipikat elektronik. Sertipikat elektronik diharapkan akan membuat data pertanahan menjadi lebih aman, juga sebagai upaya mitigasi terhadap kemungkinan kerusakan akibat bencana serta mampu meminimalisir kehilangan arsip, selain itu diharapkan dapat meningkatkan keamanan dari praktik pemalsuan oleh mafia tanah.

Dalam paparannya di hadapan Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar beserta Jajaran yang hadir, Bapak Idin Yunindra menjelaskan pentingnya mempersiapkan infrastruktur data siap elektronik serta keamanan data dan informasi sebelum diterapkannya alih media sertipikat elektronik. Dengan semakin dimudahkannya masyarakat dalam mengakses layanan serta informasi pertanahan, salah satunya melalui aplikasi Sentuh Tanahku dan aplikasi berbasis website Loketku, tentunya setiap data-data pertanahan yang ada di masing-masing Kantor Pertanahan harus dipastikan validitasnya.

Kehadiran Tim dari Pusdatin Kementerian ATR/BPN ini tentunya dimanfaatkan oleh Jajaran terutama yang bertugas di bagian pemeliharaan data untuk berkonsultasi dan menyampaikan kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan data siap elektronik. Diharapkan sinergi antara Pusdatin Kementerian ATR/BPN dan Kantor Pertanahan di daerah akan segera mewujudkan data pertanahan yang baik sehingga dapat mendukung program Transformasi Digital Kementerian ATR/BPN dan peningkatan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sofyan A. Djalil

Sofyan A. Djalil