Kunjungan Bapak Irjen Kementerian ATR/BPN

Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Bapak Sunraizal, S.E., M.M., CFrA., CFE. di sela-sela menghadiri kegiatan Pembinaan Program Strategis Nasional Tahun 2021 dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali, pada Rabu (08/09/2021) menyempatkan berkunjung ke Kantor Pertanahan Kota Denpasar untuk melihat perkembangan pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Dalam kunjungan ini mendampingi pula Bapak Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali, Bapak Ketut Mangku A.Ptnh., S.H., M.H.

Kunjungan ke Ruangan Loket Pelayanan Pertanahan mengawali kegiatan kunjungan kali ini. Secara singkat Bapak Inspektur Jenderal beserta Rombongan melihat kondisi serta mencoba fasilitas dan inovasi yang ada di Loket Pelayanan. Kunjungan berlanjut menuju ke Ruang Penyimpanan Warkah. Di sini Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar menjelaskan terkait upaya pemeliharaan warkah mulai dari yang bersifat preventif seperti penggunaan access door yang hanya dapat diakses oleh Petugas Warkah, adanya cctv di setiap sudut ruangan, upaya pengendalian hama, dan tersedianya alat pemadam api, dilanjutkan dengan penjelasan upaya pemeliharaan masing-masing warkah termasuk upaya preservasi kuratif atau perbaikan terhadap warkah yang mengalami proses kerusakan sehingga akan memperpanjang usia warkah dan selanjutnya dapat didigitalisasi. Adapun metode yang digunakan adalah dengan "deasidifikasi basah" yaitu proses menetralkan asam yang dapat merusak kertas dengan cara mencuci lembaran-lembaran warkah dengan air.


Preservasi Kuratif

Bapak Kakanwil BPN Provinsi Bali dan Bapak Irjen Kementerian ATR/BPN melihat kondisi warkah yang mengalami kerusakan.


deasidifikasi basah

Foto atas: Kondisi warkah yang mengalami kerusakan/pembatuan.

Foto bawah: Lembaran warkah yang sudah melewati proses deasidifikasi basah.

Kantor Pertanahan Kota Denpasar adalah satu dari 74 (tujuh puluh empat) Satuan Kerja Usulan Kementerian ATR/BPN yang lolos ke tahap verifikasi nasional untuk meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) tahun 2021. Momentum ini sekaligus digunakan oleh Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar beserta segenap Jajaran untuk semakin memacu peningkatan kualitas serta inovasi Layanan Pertanahan, demikian dipaparkan oleh Bapak Kepala Kantor Kota Denpasar di hadapan Bapak Inspektur Jenderal beserta para Rombongan.

Peningkatan kualitas layanan serta inovasi Layanan Pertanahan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Denpasar disampaikan oleh Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar melalui presentasi singkat di hadapan Bapak Inspektur Jenderal beserta Rombongan di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Adanya apresiasi dan beberapa saran masukan dari Bapak Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN terhadap pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kantor Pertanahan Kota Denpasar ini tentunya amat membahagiakan seluluruh Jajaran yang ada di Kantor Pertanahan Kota Denpasar dan tentunya akan makin memotivasi dalam peningkatan kualitas layanan dan inovasi Layanan Pertanahan lebih baik lagi.