Kunjungan Anggota DPR RI Bapak Mardani Ali Sera

Pada Jumat (25/06/21) kembali Kantor Pertanahan Kota Denpasar merasa terhormat karena berkesempatan menerima salah satu Anggota dari Komisi II DPR RI Bapak Dr. H. Mardani Ali Sera, M.Eng., yang datang berkunjung ke Kantor Pertanahan Kota Denpasar untuk melihat dan meninjau langsung kesiapan program transformasi digital yang juga merupakan salah satu agenda nasional Pemerintah Indonesia di lingkungan Unit Kerja Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali pada umumnya dan di Kantor Pertanahan Kota Denpasar pada khususnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, kedatangan Bapak Mardani Ali Sera disambut oleh Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar, Bapak Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali Rudi Rubijaya, S.P., M.Sc., Bapak Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Indra Gunawan, S.T., dan Bapak Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kemeneterian ATR/BPN, M. Shafik Ananta Inuman, S.T., MUM., mendampingi pula Pejabat di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Bali dan Jajaran Pejabat di lingkungan Kantah Denpasar.

Sesaat setelah melihat kondisi Loket Pelayanan, menyapa masyarakat pengguna layanan yang datang serta sekilas melihat sistem antrean online di Loket Pelayanan, Bapak Mardani Ali Sera menuju Ruang Penyimpanan Arsip Warkah untuk melihat kondisi warkah fisik dan proses digitalisasi warkah sebelum menuju ruang rapat untuk mendengarkan paparan terkait kesiapan Kantah Denpasar dan inovasi layanan berbasis teknologi informasi yang sudah diterapkan dalam pelayanan di Kantah Denpasar.

Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kota Denpasar sebagai narasumber memaparkan usaha yang dilakukan Kantah Denpasar dalam rangka memudahkan masyarakat pengguna layanan untuk tetap dapat menikmati layanan dengan optimal terutama di masa Pandemi Covid-19 serta dalam rangka menyukseskan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2021 yang rencananya adalah merupakan tahun terakhir program ini diselenggarakan di Kantah Denpasar.

Layanan berbasis teknologi informasi yang dikemukakan oleh Bapak Kakantah Kota Denpasar antara lain dikembangkannya aplikasi layanan bernama Abian Kapas yang di dalamnya terdapat menu-menu layanan yang diharapkan dapat makin memudahkan pengguna layanan terutama di saat Pandemi Covid-19 seperti Antrean Online, Swaplotting, SPOPP, informasi berkas, verifikasi tandatangan elektronik, Whistleblowing System (WBS), serta menu-menu informatif lainnya. Selain itu penggunaan formulir permohonan elektronik atau eForm yang sudah digunakan oleh pengguna layanan yang dapat diunduh dan diisi melaui situs resmi Kantah Denpasar juga diharapkan dapat memutus arus kedatangan pengguna layanan yang datang hanya untuk mengambil blangko permohonan. Ditambahkan juga menurut Bapak Kakanwil BPN Provinsi Bali, aplikasi Abian Kapas juga dapat meminimalisir terjadinya sengketa tanah karena adanya aplikasi tersebut semakin memudahkan masyarakat untuk dapat melihat, melaporkan dan/atau memetakan aset tanahnya tanpa harus datang ke loket pelayanan Kantah Denpasar.

Bapak Mardani Ali Sera memberikan apresiasi mendalam terhadap inovasi yang dikemukakan oleh Bapak Kakantah Kota Denpasar dan beliau berharap inovasi-inovasi unggulan yang juga ada di Kantor Pertanahan lainnya dapat diadopsi serta dikombinasikan dalam rangka menyukseskan Rencana Strategis Kementerian ATR/BPN menuju Institusi berstandar dunia. Tidak lupa Bapak Mardani juga memberikan saran seperti kompetensi SDM dalam membackup teknologi sehingga tetap dapat menjaga tingkat kepuasan masyarakat serta audit sistem yang berkesinambungan dalam upaya mencegah serangan-serangan dari kejahatan di dunia maya. Selepas dari Kantah Denpasar Bapak Mardani langsung menuju ke kegiatan acara berikutnya untuk memberikan sosialisasi dan materi pada acara Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN sekaligus penyerahan Sertipikat program PTSL tahun 2021 untuk masyarakat Kota Denpasar.