Aplikasi Bantuan Informasi Layanan Kantah Denpasar

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, penggunaan layanan elektronik dalam pelayanan publik menjadi sangat penting untuk mencegah penularan virus. Hal ini dikarenakan penggunaan aplikasi dalam layanan elektronik dapat mengurangi tatap muka antara pengguna dengan pelayan masyarakat, mengurangi kerumunan serta memungkinkan pelaksanaan bekerja dari rumah (Work From Home).

Untuk itulah, Kantor Pertanahan Kota Denpasar menghadirkan aplikasi Abian Kapas untuk menunjang pelayanan pertanahan di Kota Denpasar. Abian Kapas sendiri merupakan akronim dari Aplikasi Bantuan Informasi Pelayanan Kantah Denpasar. Abian kapas diambil dari nama salah satu 'place of interest' di kota Denpasar dimana sebuah pusat kebudayaan yang sangat ikonik berdiri, yaitu Werdhi Budaya atau sering dikenal dengan Art Centre. Pesta Kesenian Bali yang digelar setiap bulan Juni selalu dipusatkan di tempat ini.

[Pindai barcode untuk mengunduh Abian Kapas]

Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Abian Kapas antara lain:

  1. Standar layanan pertanahan. Memuat informasi tentang jenis layanan, waktu dan biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang dibebankan kepada pemohon. Jenis dan waktu pelayanan didasarkan pada Perkaban No. 1/2010 sedangkan biaya layanan sesuai PP 128/2015.
  2. Swaplotting bidang tanah. Plotting bidang tanah baik yang sudah terdaftar maupun yang belum tidak perlu datang ke Kantor Pertanahan Kota Denpasar. Pastikan saja letak tanah anda sesuai dengan kursor yang ditampilkan oleh aplikasi dan ikuti langkah langkah yang ditumtum oleh aplikasi. Data anda akan segera ditindak lanjuti oleh seksi survey dan pemetaan.
  3. Penelusuran berkas permohonan. Nikmati kemudahan untuk memonitor progres berkas pelayanan pertanahan dari mana saja, kapan saja. Cukup memasukkan nomor dan tahun berkas.
  4. Verifikasi tanda tangan elektronik yang dibubuhkan pada surat digital. Jika ragu terhadap surat yang ditandatangi secara elektronik, silahkan diverifikasi. Jika anda memegang suratnya dalam bentuk analog, silahkan cek kesesuaiaannya dengan file aslinya di server Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Anda juga dapat memeriksa siapa menandatangi dan kapan ditandatangani.  
  5. Pendaftaran antrean untuk pelayanan pertanahan tatap muka. Mengantre tidak harus duduk / berdiri di loket pelayanan. Daftar melalui aplikasi, tunggu panggilan melalui aplikasi dari mana saja. Datangi Kantor Pertanahan setelah giliran anda dekat.
  6. Wistleblower system (WBS). Silahkan gunakan fasilitas ini untuk jika anda memiliki informasi tentang penyimpangan dalam pelayanan kami. Anda dapat memberikan nomor telp untuk kami hubungi atau tetap menjadi anonim. Kami akan menjaga kerahasiaan anda walaupun memnerikan nomor telp sebagai sarana komunikasi. Tujuan kami adalah mengetahui substansi laporan dan memperbaiki kondisi yang dilaporkan.
  7. Apresiasi dan saran. Berikan saran dan masukan anda secara online darimana saja kapan saja. Ini adalah pengganti kotak saran.
  8. Notifikasi. Dimasa pandemi, situasi dapat dengan cepat berubah. Kami akan menginformasikan segala sesuatu melalui notifikasi sehingga seluruh informasi bisa dengan cepat tersampaikan. Survey kepuasan juga dilakukan melalui notifikasi. 
  9. Dan lain sebagainya seperti pintasan website dan bantuan aplikasi. Jika ada kesulitan dalam penggunaan aplikasi ini, gunakan menu bantuan.

Segera unduh aplikasinya di playstore sekarang juga. Semoga bermanfaat.

[ Notifikasi sebagai sarana komunikasi real time ]

[ Informasi berkas permohonan ]

[ Daftar antrean dan nomor panggilan antrean ]

[ Daftar panggilan antrean melalui notifikasi ]

[ Pencarian aplikasi Abian Kapas di playstore ]

[ Daftar loket untuk mendaftar antrean ]

[ Mengirimkan data melalui aplikasi swaplotting ]

[ Swaplotting bidang tanah / Cek plot ]

Video terkait penggunaan Aplikasi Abian Kapas dapat juga anda saksikan di channel Yotube kami berikut ini: